KORBAN LELAKI DATANGLAH KESINI

DARI TANGAN BIDAN
MUNCUL KEAJAIBAN
Home » » Onkologi pada payudara

Onkologi pada payudara

Written By ayunfarichah dianhusada on Kamis, 30 Januari 2014 | 08.40

Onkologi, yang berarti massal, massal, atau tumor, dan akhiran''-logi'', yang berarti "studi tentang") adalah cabang kedokteran yang berhubungan dengan tumor (kanker). Seorang profesional medis yang praktik onkologi adalah seorang ahli onkologi''''.
Onkologi adalah berkaitan dengan:
  • Diagnosis kanker apapun dalam diri seseorang
  • Terapi (misalnya, pembedahan, kemoterapi, radioterapi dan modalitas lainnya)
  • Tindak lanjut dari pasien kanker setelah pengobatan berhasil
  • Perawatan paliatif pasien dengan keganasan terminal
  • Pertanyaan seputar etika perawatan kanker
  • Penyaringan upaya:
    • populasi, atau
    • dari keluarga pasien (dalam jenis kanker yang dianggap memiliki dasar keturunan, seperti kanker payudara)  
    Nyeri payudara tidak selalu karena FAM (Fibro Adenoma Mamma) atau benjolan tumor jinak di payudara, tapi bisa karena sebab lain seperti adanya kista payudara. FAM lebih dominan dikeluhkan dengan adanya benjolan di payudara. Namun diagnostik FAM adalah diagnostik patologi sehingga harus dilakukan pemeriksaan jaringan tumornya sehingga perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

    Untuk mengurangi rasa nyeri dapat diberikan obat-obat pengurang rasa nyeri namun tidak dianjurkan karena lebih baik dihilangkan penyebabnya. Makanlah semua makanan yang sehat, tidak ada makanan yang spesifik yang harus dihindari bagi penderita FAM dan hingga saat ini pengobatan FAM adalah dengan mengangkat tumor tersebut selain itu yang lebih penting mendapatkan diagnosis jaringan patologi yang benar. 
Sistosarkoma filodes merupakan sejenis tumor jinak payudara yang relatif jarang ditemui. Meskipun demikian jika sudah dialami oleh seorang wanita, maka tumor tersebut memiliki kemungkinan untuk menjadi tumor ganas bahkan bisa menyebabkan terjadinya kanker payudara.

Tumor ini termasuk jenis tumor yang menetap dan jarang menyebarke daerah lainnya. Meskipun sudah diambil daritempatnya, tumor ini masih memiliki kemungkinan untuk berkembang di tempat yang sama. Wanita yang berusia lebih dari lima puluh tahun berisiko tinggi untuk mengalami tumor ini.

Tanda-Tanda
  1. Awalnya tumor ini memiliki batas yang tegas, bentuknya licin, dan mudah digerakkan.
  2. Ukurannya relatif besardengan diameter benjolan sebesar lima cm.
  3. Kulit yang menutupi benjolan tersebut biasanya tampak mengilat dan agak transparan sehingga pembuluh darah di bawahnya bisa terlihat.
  4. Jika tumor ini telah berubah bentuk menjadi ganas, penyebaran tumor lebih sering menyebar ke wilayah paru-paru, jantung, tulang, dan hati. Jika sudah menyebar, kemungkinan besar penderita akan mengalami sesak napas akut dan nyeri pada tulang.

Penyebab

Hingga saat ini penyebab terjadinya sistosarkoma filodes masih belum diketahui, tetapi penyebab terjadinya mungkin bisa dianalogikan dengan penyebab terjadinya kanker.

Ketidakseimbangan mekanisme hormonal, pola hidup yang buruk, dan infeksi mungkin dapat ditengarai menjadi penyebab terjadinya penyakit ini.

Pencegahan

Pencegahan penyakit ini bisa dilakukan sebagaimana pencegahan terhadap penyakit kanker, misalnya seperti berikut.
  1. Menerapkan pola makan yang sehat dan melakukan aktivitas fisik secara teratur.
  2. Rajin memeriksa payudara. Jika ada benjolan aneh dan tidak wajar sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.
  3. Menjaga kebersihan payudara dan bra yang dikenakan.  

Kenali ciri-ciri kanker payudara

Sesuai namanya, kanker payudara merupakan penyakit yang disebabkan oleh berkembangnya sel kanker di daerah payudara. Penyakit ini kebanyakan menyerang perempuan, tetapi laki-laki juga bisa terkena. Kangker payudara merupakan jenis penyakit kanker dengan jumlah penderita terbanyak nomor dua di dunia. Sedangkan dari tingkat kematian, jenis kangker ini menyebabkan kematian nomor lima terbesar di dunia.
Tanda awal dari kanker payudara adalah ditemukannya benjolan yang terasa berbeda pada payudara. Jika ditekan, benjolan ini tidak terasa nyeri. Awalnya benjolan ini berukuran kecil, tapi lama kelamaan membesar dan akhirnya melekat pada kulit atau menimbulkan perubahan pada kulit payudara atau puting susu.
Berikut antara lain hal-hal yang harus Anda perhatikan yang merupakan gejala kanker payudara:
  • benjolan pada payudara anda berubah bentuk / ukuran
  • kulit payudara berubah warna: dari merah muda menjadi coklat hingga seperti kulit jeruk
  • puting susu masuk ke dalam (retraksi)
  • salah satu puting susu tiba-tiba lepas / hilang
  • bila tumor sudah besar, muncul rasa sakit yang hilang-timbul
  • kulit payudara terasa seperti terbakar
  • payudara mengeluarkan darah atau cairan yang lain, padahal Anda tidak menyusui
Tanda kanker payudara yang paling jelas adalah adanya borok (ulkus) pada payudara. Seiring dengan berjalannya waktu, borok ini akan menjadi semakin besar dan mendalam sehingga dapat menghancurkan seluruh payudara. Gejala lainnya adalah payudara sering berbau busuk dan mudah berdarah.
Sedangkan untuk gejala kanker payudara stadium lanjut, berikut adalah kutipan dari Wikipedia:
Kanker payudara lanjut sangat mudah dikenali dengan mengetahui kriteria operbilitas Heagensen sebagai berikut:
  • terdapat edema luas pada kulit payudara (lebih 1/3 luas kulit payudara);
  • adanya nodul satelit pada kulit payudara;
  • kanker payudara jenis mastitis karsinimatosa;
  • terdapat model parasternal;
  • terdapat nodul supraklavikula;
  • adanya edema lengan;
  • adanya metastase jauh;
  • serta terdapat dua dari tanda-tanda locally advanced, yaitu ulserasi kulit, edema kulit, kulit terfiksasi pada dinding toraks, kelenjar getah bening aksila berdiameter lebih 2,5 cm, dan kelenjar getah bening aksila melekat satu sama lain.
Sejumlah tanda di atas memang merupakan ciri-ciri kanker payudara. Walaupun demikian, jika Anda mengalami satu atau lebih hal di atas, belum tentu Anda menderita kangker payudara. Cobalah periksakan diri Anda ke dokter dan lakukan tes

Tumor Jalan lahir adalah  merupakan tumur yang tumbuh dijalan lahir,divulva vagina serviks,uterus vagina dan vulva, 

Jenis Tumor

Tumor sendiri banyak jenis dan macamnya. Secara sederhana, tumor dibedakan dalam dua jenis yaitu tumor jinak dan tumor ganas (kanker). Tumor jinak ini relatif tidak berbahaya seperti tumor ganas. Sebab tumor jenis ini kemampuan menyebarnya lambat dan tak mampu menginfeksi organ tubuh lain. Namun demikian, tumor jinak harus tetap diwaspadai. Sebab dalam banyak kasus, tumor jinak berkembang menjadi tumor ganas karena terlambat mengobatinya.
Sementara, jenis kedua adalah kanker ganas atau yang biasa disebut dengan nama kanker. Pengertian tumor ganas adalah tumor yang memiliki kemampuan menyebar sangat cepat dan mampu menginfeksi organ lainnya. Oleh karena itu tumor ini sangat berbahaya dan harus secepat mungkin diatasi. Sebab bila tidak, penderitanya akan cepat menuju pada kematian.

Penyebab Tumor dan Langkah Pengobatannya

Banyak faktor yang bisa membuat seseorang terkena tumor. Faktor keturunan adalah salah satunya. Orang tua yang pernah mengidap tumor tidak menutup kemungkinan anaknya juga akan mengidap penyakit yang sama.  Selain itu, faktor penyebab tumor lainnya bisa dari gaya hidup seperti suka merokok dan minum alkohol, serta sistem kekebalan tubuh yang lemah.
Faktor-faktor tersebut bisa menyebabkan tumbuhnya tumor. Indikasi awal seseorang terserang tumor adalah seperti mengalami perubahan berat badan, nyeri, demam, mengalami batuk yang tak kunjung sembuh. Namun, dalam beberapa kasus juga ada penderita tumor yang tak mengalami gejala-gejala di atas.
Oleh karena itu, cara terbaik untuk mendeteksi tumor adalah dengan memeriksakan kesehatan secara rutin. Dan saat seseorang terdeteksi terkena tumor, harus segera dilakukan pengobatan. Obat herbal anti tumor yang banyak dikonsumsi penderita tumor adalah Sarang Semut. Obat alami ini sangat manjur untuk mengobati berbagai jenis penyakit tumor. Bagaimana dengan pengertian tumor yang sekarang? Kami harap Anda lebih mengerti.
Onkologi adalah sub-bidang medis yang mempelajari dan merawat kanker. Dokter yang mendalami onkologi disebut onkolog. Istilah ini berasal dari bahasa Yunani: onkos (ονκος), yang berarti massa atau tumor dan akhiran -ology, yang berarti "mempelajari".
Onkologis dapat dibagi menjadi jenis perawatan yang disediakan.
  1. Bedah
  2. THT-KL
  3. Obsgyn
  4. Mata
Onkologi memperhatikan hal-hal berikut:

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

Translate

Kampus Dian Husada

Stikes Dian Husada

Rumah Sakit Dian Husada

Stikes Dian Husada

Google+ Badge

Google+ Followers

Pengikut

@ayunfarichah. Diberdayakan oleh Blogger.